WOYBARN – ASIAN POP CITY

Halo semua… apa kabar?

Gue Sera (nama samaran lol) adalah salah satu founder (wkwk) dari blog ini dan juga yang membuat blog ini. Saat kami membangun blog ini dari awal, kami hanyalah 7 orang siswi SMA dengan minat yang sama terhadap Kpop dan Jpop. Kami membuat blog ini pertama kali 7 tahun yang lalu, yaitu November 2010. What a lucky number, right? 7 people, 7 years, 2017. Hahaha…

It’s still fresh on my mind the time we decided to make this blog. Waktu itu kami yang diharuskan membuat suatu tarian ‘modern’ untuk nilai praktek mata pelajaran kesenian. Kami mengambil gerakan dance SHINee di lagunya yang berjudul “Love Like Oxygen”. If you are one of SHINee from the beginning, you might be remember this song (My favorite is Onew btw). Oh, I’m feeling nostalgic today. LOL. WOYBARN is actually our dance formation. Jadi, nama WOYBARN sendiri itu terdiri dari huruf depan nama panggilang akrab kami IRL. Asian pop kami pilih karena kesukaan kami terhadap Kpop dan Jpop, karena kalau mau milih salah satu ya gak rela aja karena kami suka keduanya, makanya diambillah nama Asian Pop itu. Lalu kami menambahkan City sebagai istilah komunitas yang terbentuk dari blog ini, jadi pada pembaca dipanggil ‘citizen’ dan admin adalah ‘government’.

Sejak kami membentuk blog ini, sedikit ada kendala, yaitu sumber dan bahasa. Secara, kami ini bukan orang Korea yang tau langsung berita/gosip disana secara langsung. Jadi, kami mencari berita yang berasal dari ‘Allkpop’ dan ‘Tokyohive’ sebagai sumber berita kami. Tapi karena sebagian besar dari kami pada waktu itu tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus, dan kami harus memakai google translate yang juga pada waktu itu masih kacau balau, maka kami mengambil berita dari beberapa blog besar Indonesia yang juga suka memposting berita/gosip tentang kpop. Kami yang waktu itu masih awam tentang blog dan posting, hanya meng-copas berita dari blog lain, tanpa diedit dan tanpa credit. Ya, kami memang nakal wkwk. Gue yang waktu itu sadar dengan kesalahan gue tidak memberi ‘credit’ kepada mereka (walau sebenarnya mereka juga ngambil beritanya dari blog besar seperti Allkpop), mulai memberi credit kepada mereka dengan mencantumkan link ke post/blog mereka. Suatu hari, gue menemukan komentar dari salah satu admin dari blog tersebut, mereka komplain karena gue ngambil berita mereka mentah-mentah alias gak diedit kek gitu. Sebenarnya sih disini gue bingung karena bahasanya agak gak jelas gitu, entah dia marah karena gue copas doang, atau karena gak diedit juga. Jadilah gue kapok ngambil berita di blog mereka dan mulai mencap mereka sebagai blogger ‘rese’. Sejak saat itu, kami memutuskan untuk mengambil berita dari allkpop saja walaupun dengan skill bahasa Inggris kami yang pas-pasan itu. Blog kami pun terus berkembang…

Waktu awal-awal adanya blog ini, gue sering banget ngecek ranking blog-blog yang ada dan kami sempat menduduki peringkat 20 besar untuk blog newbie gitu. Gue lupa apa itu worldwire atau Indonesia doang, intinya blog kami sudah cukup dikenal waktu itu. Views kami pun telah mencapai satu juta-an dan itu merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi kami ber-tujuh.Sayangnya, blog ini mulai gak terurus semenjak kami semua telah berpisah dan memilih jalan kami masing-masing. Kata orang, kalau kita semakin tua, semakin banyak hal yang dipikirkan. Karena kesibukan kami masing-masing blog ini pun mulai ditinggalkan. Beberapa dari kami masih menyempatkan diri untuk posting berita, minimal sekali dalam seminggu. Kami juga berusaha untuk mencari author baru untuk meramaikan blog ini. Tapi pada akhirnya itu juga tidak berjalan lama. Gue langsung ingat salah satu blog orang Indonesia juga yang merupakan elf (fans Super Junior), mereka menutup blog mereka karena kesibukan dari admin-admin mereka dan ini pun terjadi sama blog ini. Sedih sih, tapi inilah kenyataannya.

Sekarang, tujuh tahun telah berlalu. Blog ini masih tetap sepi dari stat yang gue lihat, walaupun masih ada yang membuka blog ini. I’m really glad for that and thank you for visiting our blog. Post ini bukan menjadi pertanda bahwa kami akan menutup blog ini, blog ini akan terus ada dan menjadi sejarah kami, kecuali blog ini terpaksa dihapus oleh wordpress. Gue gak bisa memprediksi apakah blog ini akan kembali hidup atau hanya akan menjadi seperti ini. Apapun itu, gue yakin itulah yang terbaik buat kami. Akhir kata, gue, Sera, ingin mengucapkan terima kasih banyak buat semua reader atau citizen yang sudah mendukung kami dari awal dibuatnya blog ini dan juga yang sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan kami, bahkan memberikan komentar. Have a nice day!

Love,

Sera

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s